Sabtu, 30 Desember 2017

Pengalaman Usaha Clothing Rumah Sablon Rockaraka Bojonegoro

Bicara mengenai industri kreatif tak lepas dari semakin digemarinya produk clothing (konveksi) yang biasanya dipasarkan lewat distro dan desain dalam jumlah terbatas atau limited edition. Pesatnya pertumbuhan distro di Indonesia dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup sebagian masyarakat terutama di kota - kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya.

[caption id="attachment_497" align="aligncenter" width="560" caption="GENYO : Salah satu model peraga sedang memakai kaos Genyo"]GENYO : Salah satu model peraga sedang memakai kaos Genyo[/caption]

Saat ini baju bukan sekedar kebutuhan untuk menutup tubuh, melainkan sudah menjadi lifestyle. Sehingga sudah menjadi kebutuhan wajib seseorang untuk memakai produk distro berupa clothing yang memiliki ciri khas unik, lucu dan limited edition. Hal itulah yang menyebabkan bisnis clothing (konveksi) lewat distro kian meroket dan memiliki target pasar yang cukup besar khususnya di kalangan remaja usia 15 - 20 tahun.

Sebagai blogger, ketika mengunjungi suatu tempat ada dua hal yang nggak boleh terlewatkan sebelum kembali ke daerah asal yaitu menikmati kuliner dan oleh - oleh khas daerah seperti baju, topi dan aksesoris lainnya. Misalnya Anda sedang berwisata ke Bali jangan lupa untuk membeli kaos Jogger. Ketika sedang berada di Semarang jangan lupa membeli kaos di muslimaxclothing.blogspot.com (konveksi Semarang). Apalagi Anda sedang berada di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur jangan lupa untuk membeli kaos Genyo yang diproduksi oleh Rumah Sablon Rockaraka, Pengusa Clothing Lokal di Bojonegoro.

[caption id="attachment_496" align="aligncenter" width="417" caption="GENYO : Salah satu merk kaos terkenal di Kabupaten Bojonegoro"]GENYO : Salah satu merk kaos terkenal di Kabupaten Bojonegoro[/caption]Berikut hasil wawancara yang ku lakukan dengan narasumber kakak seniorku di Dewan Pengurus Cabang Purna Prakarya Muda Indonesia (DPC PPMI) Kabupaten Bojonegoro, Satrio Rikad Dhoyo melalui chatting facebook tentang usaha clothingan yang digelutinya. Dia adalah alumni Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2009 di Provinsi Bengkulu dan mengikuti kegiatan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) di Padang Panjang. Nah, seperti apa hasilnya? langsung saja ke TKPBagaimana perkembangan konveksi di Bojonegoro?

Perkembangan dunia konveksi di Kabupaten Bojonegoro kurang begitu variatif. Hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan bahan baku. Untuk sementara ini bahan baku yang bagus masih ada di Bandung dan Solo. Di Surabaya bahan baku juga tersedia, namun kualitasnya kalah dengan dua kota tersebut. Kualitasnya hanya untuk standart kaos event. Tidak menunjang industri clothing (konveksi) standart distro. Bahan baku cat-nya juga susah didapatkan. Akibatnya produk clothingannya kurang variatif. Rumah Sablon Rockaraka sebagai salah satu clothingan yang cukup ternama di kalangan anak muda di Bojonegoro pun mulai melebarkan jaringan rekanan demi mendapatkan bahan baku yang sama dengan standart distro. Mulai kain hingga cat.

Mengenai harga konveksi di Bojonegoro seperti apa?

Harga konveksi di Kabupaten Bojonegoro memang cukup bersahabat. Namun tidak terlihat niatan untuk menjadikan salah satu pusat industri clothing kreatif. Persoalan ini dikarenakan permintaan pasar yang tinggi akan barang murah. Dan kurangnya edukasi dari produsen ataupun resseler kepada konsumen.

Bagaimana pengalaman kakak dalam mendirikan usaha clothingan di Bojonegoro?

Pengalaman awal mendirikan clothingan ini kami awali dengan menjadi resseler dari beberapa clothingan lokal Bojonegoro. Susah dan tidak bisa dibayangkan, membuka jasa konveksi tapi belum punya alat sama sekali. Namun dari menjadi sales akhirnya memahami seluk beluk usaha clothingan. Dengan keuntungan awal tersebut kami nekad membeli alat dan bahan sendiri lalu melakukan semuanya dengan otodidak dan belajar dari ilmu vendor terdahulu. Hingga kini Rumah Sablon Rockaraka memiliki beberapa cabang resseler online di Jawa Timur. Karena rasa cinta pada Bojonegoro, Kami pun membuat kaos lokal yang designnya casual dan tidak mendesakan dengan merk yang bernama Genyo. Misalnya kaos yang bertuliskan "Genyo Aku Cah Bojonegoro", dan sebagainya.

Bagaimana tips untuk memilih clothingan yang bagus?

Tips memilih clothingan yang bagus adalah pilihlah clothingan yang memiliki nama dan memiliki sampling atau contoh produk yang bisa dilihat. Jangan ragu dengan resseler atau sales sablonan, mereka justru selalu menjamin mutu. Jika resseler mengecewakan, tentu mereka akan kehilangan konsumen setianya. Pilih juga clothingan yang memberikan rekomensasi dan referensi tentang pilihan produk yang bagus.

 

[caption id="attachment_498" align="aligncenter" width="410" caption="GENYO : Bupati Bojonegoro @KangYotoBjn (tengah) memakai kaos Genyo"]GENYO : Bupati Bojonegoro @KangYotoBjn (tengah) memakai kaos Genyo[/caption]

Semoga dengan pengalaman usaha clothing yang digeluti oleh kakak Satrio Rikad Dhoyo ini memberikan spirit bagi Pemuda Bojonegoro dan Indonesia untuk selalu berkarya dan berwirausaha. Tak mudah memang, banyak kendala dan resiko yang harus dihadapi. Bagi, yang ingin memiliki koleksi kaos Genyo bisa menghubungi akun facebook : Rockaraka Satrio Rikad Dhoyo. Semoga bermanfaat, keep spirit to blogging and sharing ! (@kakdidik13)

0 komentar

Posting Komentar