Sabtu, 30 Desember 2017

Ada Singkong Empuk di Kopdar Blogger Se-Jawa

Kopdar Blogger bertajuk 'Sepi ing Pamrih Rame ing Blogging' yang digelar oleh kawan - kawan RBI (Rumah Blogger Indonesia) Solo pada tanggal 26-27 Maret 2016 lalu, begitu menarik dan berkesan. Acara yang diikuti oleh blogger se-Jawa ini pun berjalan dengan lancar dan kedatangan tamu istimewa yaitu Menkominfo Republik Indonesia, Rudiantara.
Kopdar Blogger "Sepi Ing Pamrih Rame Ing Blogging"
Satu hal yang tak terlupakan yakni camilan singkong gorengnya. Singkong yang digoreng rasanya renyah, empuk dan gurih. Singkong goreng merupakan salah satu kudapan yang paling sering dinikmati oleh keluarga Indonesia. Singkong merupakan makanan ringan yang tak terpisahkan di kampung, cara menikmatinya pun bervariasi, ada yang dibakar, direbus bahkan digoreng dan dinikmati sambil menyeruput secangkir teh hangat (lengkap sudah rasanya).

Jujur, saya penasaran dengan singkong yang disajikan ketika Kopdar Blogger Se-Jawa di Karanganyar, Jawa Tengah. Saya pun mencoba mencari informasi di buku atau majalah di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang kudirikan.

Add captionAda Singkong Empuk di Kopdar Blogger Se-Jawa
Dalam sebuah majalah yang kubaca menyebutkan, untuk mendapatkan hasil olahan singkong yang empuk, renyah dan gurih ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu :
  1. Belilah singkong yang terlihat masih segar atau tidak kering.
  2. Kupas singkong, lalu cuci hingga bersih dan tiriskan.
  3. Kukuslah setengah matang.
  4. Siapkan wadah berisi air bersih yang telah dibumbui. Adapun bumbu yang biasa digunakan yaitu bawang putih, garam, dan bumbu-bumbu lain sesuai selera. Haluskan bumbu-bumbunya lalu masukkan ke dalam wadah yang berisi air bersih.
  5. Masukkan singkong yang telah dikukus ke dalam wadah yang berisi air putih bersih + bumbu. Diamkan singkong selama 15-20 menit agar bumbunya meresap. Perlahan-lahan singkong akan merekah.
  6. Selanjutnya singkong ditiriskan, lalu singkong siap digoreng.
Demikianlah cara singkat dalam pembuatan singkong goreng yang renyah, empuk dan gurih. Selamat mencoba ya di rumah. (@kakdidik13)

0 komentar

Posting Komentar