Sabtu, 30 Desember 2017

Perkembangan Usaha Batik Bojonegoro Binaan ADEMOS

Industri kreatif Batik Bojonegoro mulai berkembang dan dikembangkan di Kota Ledre Bojonegoro, Jawa Timur. Ada banyak sekali pengrajin batik Bojonegoro yang tersebar di beberapa tempat yakni di Kecamatan seperti Dander, Temayang, Sumberrejo, Purwosari, Tambakrejo dan sebagainya.

Salah satu usaha batik Bojonegoro yang bergeliat yaitu Toko Bojonegoro yang berada di Jl. MT. Hariyono No. 5C Ruko Permata Jetak Bojonegoro binaan Asosiasi untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (ADEMOS) dengan didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan SKK Migas melalui serangkaian pelatihan kepada perajin batik lokal Bojonegoro, pendirian Koperasi Industri Kreatif dan pengembangan jaringan pemasaran. Hingga saat ini, program tersebut telah mendampingi 24 industri batik rumah tangga di Kabupaten Bojonegoro dengan beranggotakan kurang lebih sebanyak 480 orang.

Perkembangan Usaha Batik Bojonegoro Binaan ADEMOS
Adapun motif batik Bojonegoro yang sudah dikembangkan terdiri atas 14 motif yaitu Parang Lembu Sekar Rinambat (melambangkan lembu peternakan di Bojonegoro), Pari Sumilak (melambangkan pertanian padi di Bojonegoro), Rancak Thengul (melambangkan kesenian wayang thengul di Bojonegoro), Woh Roning Pisang (melambangkan pisang, bahan pembuat ledre), Gastra Rinonce (melambangkan minyak dan gas di Bojonegoro), Pelem - Pelem Suminar (melambangkan buah mangga sebagai agrobisnis di Bojonegoro), Surya Salak Kartika (melambangkan buah Salak sebagai agrobisnis di Bojonegoro), Parang Dahana Mungal (melambangkan api abadi Bojonegoro), Sata Danda Wangi (melambangkan petani tembakau di Bojonegoro), Mliwis Putih (melambangkan taman legenda mliwis putih di Bojonegoro), Blimbing Lining Limo (melambangkan buah belimbing sebagai agrobisnis di Bojonegoro), Jagung Miji Emas (melambangkan petani jagung di Bojonegoro), Bunga Rosela (melambangkan agrowisata bunga di Bojonegoro), dan Sekar Jati (melambangkan pohon jati di Bojonegoro).

Toko Bojonegoro selain berjualan batik Bojonegoro dan beberapa oleh-oleh Bojonegoro juga ikut serta mendukung beberapa kegiatan positif yang dilakukan oleh beberapa komunitas seperti kegiatan Seminar Menulis Kreatif di Era Digital yang digelar oleh Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) Bojonegoro dan yang terkahir kemarin juga ikut mensukseskan kegiatan Njungok Bareng Netizen Bojonegoro yang dihadiri oleh CEO & Founder detikcom Bapak Budiono Darsono.

Nah, bagi anda yang ingin menambah koleksi batik bisa membeli batik Bojonegoro secara online melalui website www.tokobojonegoro.com atau via SMS / WhatsApp 085230874229 (@kakdidik13)

0 komentar

Posting Komentar